Agar Tak Tersesat, Manfaatkan Peta Digital!



Peta sebenarnya merupakan salah satu perangkat penting saat traveling. Sebab, dengan adanya peta, kita dapat mengetahui posisi kita, lokasi/tempat yang akan dituju atau jarak tempuh perjalanan atau bahkan menemukan jalan alternatif dalam menuju sebuah lokasi.


Bila sebelumnya anda mungkin sering menggunakan peta mini atau peta kota yang lebar dan sulit kala dibaca, maka peta tersebut kini bisa ditinggalkan dengan adanya layanan peta digital yang sudah tersedia sekarang ini.

Aplikasi peta digital yang telah ter-install di smartphone (baris terbawah, paling kanan)
Apalagi bila daerah yang akan anda kunjungi adalah daerah yang sudah populer, seperti Bandung atau Bali, maka situasinya jadi bisa lebih mudah. Sebab informasi mengenai kota atau daerah tersebut biasanya cenderung lebih banyak dan lengkap sehingga akan sangat memudahkan bagi mereka yang menggunakan layan peta digital.

Bagaimana caranya? Sebenarnya mudah saja. Dengan bantuan smartphone anda dan sedikit waktu untuk mempelajarinya, anda bakal bisa mendapatkan dan menggunakan aplikasi peta digital, yang salah satunya adalah peta yang dikembangkan oleh Google atau yang dikenal dengan Google Maps. Berikut beberapa langkah dalam menggunakannya.

Smartphone atau tablet terbaru biasanya telah dilengkapi dengan aplikasi peta digital atau tertulis “Maps”. Jadi bila perangkat telah memiliki aplikasi tersebut, maka anda tinggal mempelajari atau menggunakannya saja.

Sedangkan, bila smartphone anda ternyata belum memiliki aplikasi tersebut, maka anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dan menginstall di perangkat anda. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di market place atau di m.google.com/maps dan meng-install-nya. Setelah proses instalasi selesai, anda telah memiliki peta digital dan siap digunakan.

Gambaran posisi Ciwidey dan Bandung pada peta
Untuk mengetahui lokasi anda di peta, anda dapat mengakses menu ‘My Location’. Tunggulah beberapa saat, maka posisi anda akan muncul di layar layar.

Bila ingin menuju sebuah lokasi, anda dapat meng-klik menu ‘Search’, lalu ketik nama kota/tempat/tujuan di kolom yang tersedia. Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan peta yang memuat nama tempat yang dimaksud.

Anda juga bisa mendapatkan informasi rute untuk menuju ke lokasi yang akan dituju. Caranya, klik “Get Direction” dan ketik nama tempat asal dan tujuan anda pada kolom yang tersedia. Setelah proses selesai, maka anda akan mendapatkan petunjuk, rute mana yang mesti dilalui, termasuk informasi jaraknya. Mudah bukan?

Google Maps juga memiliki sejumlah fitur lain yang sangat membantu, misalnya “Show Traffic” (petunjuk kondisi lalu lintas), “Satellite View” (menampilkan imaji berupa foto udara) serta fitur lainnya.

Kondisi daerah dan jalan raya di kawasan Kuta, Bali     

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam memanfaatkan layanan peta digital, yaitu;
  • Penggunaan layanan ini akan “menyedot” pulsa. Oleh sebab itu, pastikan anda telah berlangganan paket internet atau nilai pulsa anda memadai.
  • Pastikan anda berada dalam jangkau internet yang stabil.
  • Semakin tinggi spesifikasi jaringan (GPRS, EDGE, 3G, HSPA) yang anda gunakan, maka proses kerja aplikasi akan semakin cepat.
  • Tingkat akurasi layanan peta ini memang belum terlalu tinggi. Tapi hal ini sudah sangat membantu penggunanya.
  • Bila nama lokasi yang anda input saat menentukan lokasi atau nama tujuan tidak muncul atau bahkan lebih dari satu, ketik/pilihlah nama lain yang dekat dengan daerah yang anda maksud.

Selamat mencoba!

***


Teks: Adi Supriyatna