Pulau-Pulau Mungil dan Cantik di Beranda Lingga


Kabupaten Lingga boleh jadi masih asing di kalangan wisatawan, terutama wisatawan Nusantara. Kondisi ini bisa dipahami mengingat Lingga sendiri tergolong daerah baru yang terbentuk seiring dengan lahirnya Provinsi Kepulauan Riau.




Kabupaten Lingga sendiri berupa gugusan kepulauan yang berjajar di Laut Cina Selatan. Menurut catatan, di wilayah ini memiliki 377 pulau, dengan Pulau Lingga dan Singkep sebagai pulau terbesarnya. Wilayah ini dibatasi oleh Laut Bangka dan Selat Berhala di bagian selatan, Batam di utara serta Laut Cina Selatan di sisi utara dan timur.

Pagi itu saya beserta rombongan telah bersiap untuk berlayar ke salah satu pulau Lingga. Kami berkumpul di pelabuhan di Kota Tanjung Pinang. Pada waktunya, speedboat yang membawa kami bergerak perlahan, meninggalkan dermaga pelabuhan.

Pulau Benan adalah lokasi pertama yang kami singgahi. Terletak sekitar 1 jam berlayar dari Kota Tanjungpinang, pulau ini adalah salah satu pulau yang berada di kawasan terluar di bagian utara Kabupaten Lingga. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Desa Pulau Medang, Kecamatan Senayang.

Pantai menawan dan alami di Pulau Benan 

Oleh pemerintah setempat, pulau Benan telah didesain sebagai desa wisata. Kondisi perairan di sekitar pulau seluas 190.625 hektar ini relatif tenang dan warganya yang ramah. Pantai-pantai landai berikut suasananya yang masih alami adalah potensi besar yang dapat menarik minat wisatawan ke Pulau Benan.

Selain berenang di pantainya, wisatawan juga dapat melakukan snorkeling atau memancing. Bagi wisatawan yang ingin pengalaman yang berbeda, mereka dapat menginap beberapa malam di kelong (rumah di tengah laut untuk menangkap ikan). Aktifvitas ini banyak digemari oleh wisatawan asal Singapura.

pantainya yang landai dan lautnya yang jernih adalah keunggulan pantai di Pulau Benan

Perahu tradisional yang digunakan oleh nelayan di Pulau Benan dan sekitarnya

Pulau berikutnya yang disinggahi adalah Pulau Pena’ah. Letak pulau seluas 24 Ha ini relatif dekat dengan pulau Benan, dimana dapat ditempuh hanya dalam beberapa menit saja.

Bukan hanya menawarkan suasana pulau yang natural, pulau bisa dikatakan sebagai surganya para penggemar olahraga memancing berkat laut di sekitar pulau ini yang kaya beragam jenis ikan. Bahkan, pulau ini pun telah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan fishing festival yang banyak diikuti oleh para nelayan modern dari Singapura dan Malaysia setiap tahunnya.

Panorama dari dermaga Pulau Pena'ah

Bungalow di Pulau Pena'ah 

Untuk mengantisipasi kunjungan para wisatawan, di Pulau Pena'ah juga telah dilengkapi sejumlah bungalow bagi para wisatawan yang ingin berlama-lama di pulau ini.

Ada sejumlah aktivitas seru lain yang bisa dinikmati di Pulau Pena'ah dan sekitarnya. Sebut saja diving atau snorkeling di Pulau Pena'ah Kecik, mengamati kehidupan suku laut yang eksotik, menjelajahi hutan mangrove di Pulau Kongki Besar, atau menyaksikan penyu bertelur di Pulau Kongki Kecil.

Banyak Pilihan bukan?

***

Menuju Pulau Benan & Pena'ah
Pulau Benan dapat dicapai dengan speedboat dari Tanjungpinang atau Batam.